Rajin Konsumsi Pisang Bisa Membuat Ginjal Anda Sehat

WARTA.TV – Pisang merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Ada beberapa jenisnya seperti Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Tak ada salahnya apabila buah pisang menjadi buah favorit banyak orang. Karena, ada 7 manfaat penting yang sangat menakjubkan dari makan pisang untuk kesehatan.
BACA WARTA TIPS SEHAT LAINNYA :
Bagi Anda yang belum suka mengkonsumsi pisang, mungkin anda akan berubah pikiran setelah mengetahui manfaat kesehatannya. Berikut ada 7 manfaat yang sangat menakjubkan setelah anda makan pisang sebagaimana dilansir dari laman Boldsky.
1. Meningkatkan kesehatan ginjal
Apakah Anda tahu bahwa makan pisang beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen? Nah ini adalah fakta yang terbukti. Pisang adalah sumber potasium yang baik, karena itu mengontrol tekanan darah dan mengatur fungsi ginjal tetap sehat.
2. Mengurangi nyeri saat latihan
Ini adalah makanan sempurna bagi Anda yang gemar berolahraga, terutama karena kandungan mineral dan karbohidrat mudah dicerna. Hal ini membantu untuk mengurangi kram otot dan nyeri saat berolahraga.
3. Meningkatkan sensitivitas insulin
Pisang merupakan sumber yang baik dari pati resisten, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Resistensi insulin merupakan faktor risiko utama beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2. Jadi, turin mengonsumsi pisang membuat Anda terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.
4. Tinggi serat
Pisang mengandung tinggi serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa kandungan serat dalam pisang dapat meningkatkan kesehatan usus, mengurangi resistensi insulin, membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.
5. Kaya nutrisi
Pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan dan serat adalah beberapa nutrisi yang ditemukan dalam buah ajaib ini. Studi menunjukkan bahwa 90 persen dari kalori dalam pisang berasal dari karbohidrat.
6. Kontribusi menurunkan berat badan
Pisang membantu perut kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga konsumsi kalori lebih sedikit karena kandungan serat. Selain itu, kandungan serat pisang mendorong penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme.
7. Mengandung antioksidan

Pisang merupakan buah yang mengandung tinggi antioksidan, sehingga fungsinya dapat membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan riusiko beberapa penyakit. Misalnya, kandungan dopamin dan catechin mengurangi risiko Anda terkena penyakit janutng dan penyakit degeneratif, termasuk diabetes.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال