Para Ahli Temukan Sebuah Cara Bikin Anak Menyukai Sayuran


WARTA.TV - Keinginan besar dari orang tua adalah agar setiap putra dan putri mereka dapat mengkonsumsi aneka jenis makanan sayuran. Namun permasalahan klasik yang kerap di alami oleh para orangtua; anak-anak menolak makan sayur. Kejadian ini tak jarang membuat orang tua merasa stres, hingga akhirnya mengambil alternatif pengganti sayur berupa suplemen multivitamin.

Namun anda tidak perlu cemas, karena  ada warta yang menggembirakan dari para ilmuwan, yaitu sebuah cara agar anak-anak makan makan lebih banyak sayuran di piring saji mereka.
Menurut tilisan dalam sebuah jurnal Food and Nutrition Science, ahli konsumsi pangan Dr. Ariun Ishdorj dan rekan-rekannya menemukan cara yang cukup efektif untuk membentuk pola makan sehat di sekolah.
Selesai menganalisa banyaknya sayur yang tertinggal di piring 8.500 anak-anak sekolah di Amerika, para ilmuwan menemukan, kombinasi antara menu utama dengan jenis sayuran sangat memengaruhi keinginan anak untuk makan sayur.
Para ilmuwan ini menyebutkan, sayur-sayuran akan lebih banyak dimakan bila dikombinasikan dengan makanan yang kurang populer atau membosankan.
Contohnya, saat brokoli salah satu sayuran yang dibenci, disajikan dengan kentang panggang atau nuget ayam, maka brokoli akan lebih banyak dimakan.
Sebaliknya, saat brokoli disajikan dengan menu yang lebih digemari seperti burger daging atau kebab daging, maka sayuran yang tertinggal di piring akan lebih banyak.
“Penelitian ini diharapkan bisa menjadi patokan agar sekolah menyediakan kombinasi makanan tepat agar anak-anak gemar makan sayur,” kata Dr. Ishdorj.
Ini juga bisa menjadi masukan bagi orangtua saat menginginkan anak-anaknya lebih banyak makan sayur.
Kesimpulan dari penelitian ini, Anda bisa mulai menganalisa makanan apa saja yang menjadi kegemaran anak-anak dan makanan apa saja yang tidak begitu digemari.
Lalu sajikan sayur dengan makanan yang kurang digemari, agar mereka makan sayur lebih banyak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال