Melekat Pada Tuhan dan Jadilah Teladan

 


WARTA.TV - Tetap berdiri teguh dalam Tuhan harus dialami oleh setiap orang percaya, sekalipun ada masalah dan tekanan dalam menjalani hidup ini. Dengan tetap menjadi sahabat Kristus, karena ketika kita melekat kepada Kristus maka kita akan menjadi teladan bagi banyak orang.

“Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!” (Filipi 4:1)

Ayat diatas adalah pesan Tuhan melalui Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi supaya mereka tetap berdiri teguh dalamTuhan, “berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan”, kata “juga” disitu menunjukkan bahwa si penulis yaitu Rasul Paulus sudah melakukannya dan ia sudah menjadi teladan.

Kehidupan yang susah penuh dengan keluh kesah dan penderitaan yang dialami, dibalik itu Tuhan memberikan kemenangan dan berkat-berkat-Nya karena Rasul Paulus meneladani Tuhan Yesus sendiri.

“Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.” (1 Pet. 2:21)

Dua tokoh yang dipakai Tuhan dalam Alkitab Paulus dan Petrus memberikan pendapat yang sama, bahwa mengikuti Tuhan dan melaksanakan panggilanNya tidak terlepas dari masalah dan penderitaan, tetapi mengalami penderitaan karena nama Yesus, akan memberikan kemenangan.

Jika mengikut Tuhan Yesus serta melakukan panggilan-Nya ada penderitaan tetapi juga ada berkat-berkat-Nya yang dilimpahkan atas kita.” dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.

Sebab:(1 Pet. 3:9) Rasul Paulus mengatakan bahwa kita adalah orang-orang yang dikasihi Tuhan, artinya orang yang beruntung, karena sebagai orang berdosa seharusnya hidup dalam kebinasaan, tetapi diberi anugerah keselamatan oleh Tuhan.

Selain dikasihi Tuhan kita juga orang-orang yang dirindukan Tuhan. Dihadapan Tuhan kita adalah orang yang special.

Selain dikasihi Tuhan, dirindukan Tuhan, kita adalah orang-orang yang bersukacita dalam Tuhan.

Ketika kita beribadah kepada Tuhan maka jangan sampai kita mengalami tekanan melainkan bersukacita dihadapan Tuhan.

Sukacita adalah buah Roh Kudus, Sukacita datang dari Tuhan yang memberikan damai sejahtera dalam hidup ini. “Sukacita dan mahkotaku” Rasul Paulus menyebut kita sebagai mahkota, artinya bahwa kita sebagai manusia yang mulia dan berharga.

Bagaimana Kita tetap kokoh atau tetap teguh dalam Tuhan supaya Melekat pada Tuhan dan bisa menjadi panutan atau teladan bagi banyak orang ?

1. Menjadi Sahabat Kristus (Filp.3:17-18)

Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. (Fil. 3:17)

Rasul Paulus sebagai teladan kita, ia menyamakan dirinya sama-sama berdiri dengan orang-orang yang bisa menjadi teladan dalam hidupnya. Siapa teladan hidup kita? Bisa Gembala kita, senior-senior, para koordinator dan hamba-hamba Tuhan yang menjadi teladan kita.

2. Menjadi Sahabat Firman Tuhan (Filp. 3:19)

Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi (Filp. 3:19)
Kita bukan hanya sebagai sahabat Tuhan tetapi juga sebagai sahabat Firman Tuhan. Manusia tidak hiduphanya dari roti saja, tetapi juga dari Firman Tuhan. Jika kita menjadi sahabat Firman Tuhan, apapun yang Firman katakan kita bisa mentaati-Nya.

3. Menjadi Warga Kerajaan Sorga (Fil. 3:20)

Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, (Filp. 3:20) Kita di dunia sebagai orang asing, karena kita adalah warga kerajaan sorga.

Karakter dan gaya hidup kita menampilkan gaya hidup kerajaan sorga.Maka kehidupan kita akan memancarkan ciri dan watak sebagai warga kerajaan sorga.

Berdiri teguh dalam Tuhan harus dialami oleh setiap orang percaya, sekalipun ada masalah dan tekanan dalam menjalani hidup ini. Ketika kita tahu bahwa mengikut Tuhan ada dalam sebuah perjalanan ada penderitaan dan kesukaraan tetapi ada berkat-berkat Tuha yang dilimpahkan-Nya.

Karena itu supaya tetap kokoh atau tetap teguh dalam Tuhan maka kita harus terapkan hal-hal tersebut diatas, yaitu tetap menjadi sahabat Kristus, karena ketika kita melekat kepada Kristus maka kita akan menjadi teladan bagi banyak orang.

Selain itu harus menjadi sahabat Firman Tuhan, apapun yang dikatakan Firman Tuhan kita akan melakukannya, dan juga kita harus mengetahui bahwa kita adalah warga kerajaan sorga, artinya tampilkan karakter dan gaya hidup kita adalah warga kerajaan sorga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال