Jakarta (WARTA.TV) - Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dan K.H Ma'ruf Amin hari ini mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Di bawah Alquran dan di hadapan tamu undangan serta ribuan pasang mata rakyat Indonesia, Jokowi dan Ma'ruf Amin mengucap sumpah jabatan.

Jokowi terlebih dahulu mulai pengambilan sumpah. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segenap Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya nya serta berbakti pada nusa dan bangsa," ujar Jokowi.

Setelah Jokowi akhirnya dilanjutkan pengambilan sumpah Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segenap Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya nya serta berbakti pada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin.

Acara selanjutnya adalah setelah keduanya mengucapkan sumpah jabatan, mereka menandatangani berita acara pelantikan. Dan disusul penandatanganan yang dilakukan pimpinan MPR.

"Alhamdulillah kita telah menyaksikan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Dengan begitu mulai saat ini, Ir Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk masa jabatan 2019-2024," tutup Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Presiden Joko Widodo mengucapkan terimakasih kepada TNI-Polri dan BIN yang telah mengawal upacara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Berkat pengamanan dari ketiga institusi itu, acara pelantikan berjalan lancar.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI, Polri, BIN yang telah menjaga keamanan selama ini terutama menjelang pelantikan dan kerja keras ini patut kita apresiasi bersama," kata Jokowi usai pelantikan, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. Jokowi menyampaikan rasa terima kasih itu di penghujung pidato pertamanya dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan.

"Para hadirin dan seluruh rakyat Indonesia yang saya muliakan, pada kesempatan yang bersejarah ini, perkenankan saya, atas nama pribadi, atas nama Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, dan atas nama seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla, yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama 5 tahun terakhir," ujar Jokowi lantas disambut tepuk tangan seluruh anggota MPR.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu, 20-10-2019. Saat ditanya dalam kapasitas apa dia hadir pelantikan, Ahok mengaku kurang tahu.

Sambil tertawa, ia mengatakan, kemungkinan diundang sebagai keluarga. "Aku datang sebagai.. enggak tahu, bagian keluarga kali ya," kata Ahok sambil terkekeh.

"Enggak, enggak (diundang khusus DPR). Dari ini yang ngundang kok, beliau (Presiden Joko Widodo), beliau kan dari Istana," ujar Ahok. Ahok mengatakan, dirinya turut berbahagia atas dilantiknya Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Ia berharap, lima tahun ke depan Indonesia bisa menjadi lebih baik di tangan Jokowi-Ma'ruf. "Ya harapan untuk Pak Jokowi semua cita-cita apa yang ada dalam hasrat beliau untuk membangun negeri ini bisa terwujud dalam lima tahun ini," tutup Ahok.
Warta.tv

Warta.Tv

Terimakasih telah berkunjung di warta.tv.

Post A Comment:

0 comments: