Jakarta (WARTA.TV) - Buah-buahan apabila kita konsumsi dengan rutin dan teratur maka manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Buah juga dapat membantu penurunan berat badan.

Alasan yang sangat relefan adalah bahwa buah dapat membantu penurunan berat badan karena kandungan seratnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Yang lebih masuk akal adalah karena kandungan lemak dan kalori pada 9 jenis buah-buahan ini bisa terbilang rendah.

Anda penasaran? Berikut ini 9 Jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan Anda :

1. Alpukat

Hasil dari sebuah penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi alpukat akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan dan memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil.

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dikarenakan asam oleat yang terkandung di dalamnya mampu menekan rasa lapar.

Akan tetapi harus di ingat, jangan mengonsumsi alpukat dengan bahan tambahan yang tinggi kalori, seperti gula, susu kental manis, sirop, atau coklat.

2. Apel

Buah Apel selain tinggi serat dan rendah kalori, apel juga mengandung senyawa pektin yang mampu memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Pada saat mengonsumsi apel, Anda dianjurkan memakannya bersama dengan kulitnya. Ini bertujuan agar kandungan serat di kulit apel tidak terbuang sia-sia.

3. Pir

Hampir sama denga buah apel, buah pir juga kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Mengonsumsi tiga buah pir setiap hari dapat menekan keinginan untuk makan lebih banyak, sehingga Anda bisa membatasi asupan kalori. Mengkonsumsi buah pir sebaiknya bersama dengan kulitnya.

4. Jeruk bali

Jeruk bali adalah salah satu pilihan buah untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan kalori di buah ini tergolong rendah, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Kandungan air di jeruk bali mencapai 90%, sehingga membuat Anda cepat kenyang dan dapat menekan rasa lapar.

5. Jeruk

Salah satu jenis buah jeruk lokal biasa dijumpai di mana-mana yang tinggi kandungan vitamin C ini bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Tak hanya tinggi vitamin C, jeruk juga kaya akan kandungan serat alami.

Kandungan serat jeruk biasa ini bisa membuat Anda tidak cepat merasa lapar usai mengonsumsinya.

6. Pisang

Walaupun cukup tinggi kalori dibandingkan buah lainnya, kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena serat mampu membuat Anda cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi dua buah pisang berukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

7. Semangka

Semangka adalah buah dengan kadar air yang tinggi. Oleh karena itu, semangka menjadi salah satu buah untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan makan beberapa potong semangka saja perut akan terasa kenyang.

Akibatnya, keinginan untuk makan makanan yang lain menjadi berkurang. Kita bisa menjadikan semangka sebagai camilan sehat setiap kali merasa lapar dan ingin ngemil. Selain sehat dan selangkah lebih dekat ke berat badan yang ideal, semangka juga bisa memuaskan hasrat untuk makan makanan manis.

8. Melon

Sama dengan buah semangka, melon juga mengandung kadar air yang cukup tinggi. Melon juga kaya akan serat, kalium, dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, dan likopen. Memakan 150 gram melon menghasilkan 46 sampai 61 kalori.

Oleh karena itu, meski kita merasa kenyang tetapi kalori yang masuk ke tubuh terbilang rendah. Kita bisa menikmati potongan melon segar secara langsung atau mencampurkannya ke dalam salad buah.

9. Kiwi

Pada saat mencari buah yang padat nutrisi dan bisa membantu menyukseskan diet, kiwi bisa dijadikan pilihan. Kiwi merupakan sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang melibatkan 41 orang prediabetes menemukan fakta bahwa makan dua buah kiwi per harinya selama 12 minggu membuat lingkar pinggang menurun sebesar 3,1 cm. Meski mengandung gula, kiwi memiliki tingkat glikemik yang rendah.

Oleh sebab itu, makan kiwi tidak membuat gula darah melonjak drastis. Selain itu, kiwi juga kaya akan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan usus dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Walaupun beberapa jenis buah dapat membantu mencapai berat badan ideal, namun bukan berarti Anda bisa mengandalkan buah penurun berat badan saja. Terapkan juga gaya hidup yang sehat, seperti menghindari makanan tinggi kalori, membatasi konsumsi gula, memperbanyak minum air putih, dan rutin berolahraga.

Jika Anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan walaupun sudah melakukan hal-hal tersebut, cobalah berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan keadaan Anda.
Warta.tv

Warta.Tv

Terimakasih telah berkunjung di warta.tv.

Post A Comment:

0 comments: