Jakarta (WARTA.TV) - Untuk anda yang mempunyai rumah dua lantai, otomatis dalam rumah tersebut tersedia tangga untuk naik atau turun. Banyak jenis desain tangga yang ditawarkan pengembang, seperti tangga besi atau tangga beton.

Anda sangat beruntung jika telah memilikinya. Mengapa demikian? Karena kebiasaan naik-turun tangga ternyata memberi banyak manfaat untuk kesehatan anda. Bukan hanya itu saja, ternyata pada saat anda naik-turun tangga juga bisa menjadi cara efektif untuk mengganti waktu olahraga yang nyaris tak dilakukan karena kesibukan anda bukan?

Penasaran bukan? Jadi apa sajakah manfaat otomatis saat anda naik-turun tangga bagi kesehatan? Berikut ini ulasannya :

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar setiap orang melakukan kegiatan olahraga minimal 150 menit dalam kurun waktu seminggu. Total waktu tersebut bisa dibagi menjadi beberapa sesi dalam seminggu, yaitu setidaknya 30 menit setiap hari.

Walaupun begitu, hampir semua orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga setiap harinya. Jika tidak mempunyai cukup waktu berolahraga, hemdaknya anda menyiasatinya dengan trik lainnya.

Yang warta ulas kali ini adalah dengan terbiasa memakai akses tangga turun naik rumah anda atau di berbagai fasilitas umum, seperti di kantor, pusat perbelanjaan, jembatan penyeberangan, atau sekadar naik-turun tangga di rumah.

Apa sajakah Keuntungan Naik-Turun Tangga bagi Kesehatan anda?

Menurut hasil penelitian, kegiatan saat naik-turun tangga setiap hari dapat memperoleh 7 keuntungan bagi kesehatan tubuh anda. Berikut 7 Keuntungannya:

1. Menurunkan Berat Badan

Menjalankan kegiatan olahraga dan aktivitas fisik secara rutin, termasuk naik-turun tangga, dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Dengan begitu, cadangan lemak tubuh pun akan berkurang. Efek ini menjadikan naik-turun tangga sebagai salah satu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan.

Bukan hanya itu, olahraga rutin juga bisa membantu meningkatkan stamina, sehingga tubuh lebih fit dan lebih bertenaga.

2. Menjaga Kesehatan Mental

Pada saat anda naik-turun tangga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang memberi perasaan senang dan tenang. Hormon ini juga dapat memperbaiki suasana hati, sehingga membuat Anda lebih fokus dan konsentrasi saat bekerja, serta tidak mudah stres.

3. Menyeimbangkan Gula Darah

Mebiasakan diri naik-turun tangga juga ternyata baik diterapkan oleh para penderita diabetes. Ini karena saat naik-turun tangga, otot rangka bergerak aktif dan menggunakan gula sebagai energi, sehingga kadar gula darah bisa menjadi lebih stabil.

Bukan hanya menyeimbangkan gula darah, saat anda sering naik-turun tangga atau melakukan olahraga rutin juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Ini sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

4. Memperkuat Jantung dan Paru-paru

Banyak studi telah memberikan bukti bahwa kebiasaan naik-turun tangga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Aktivitas ini termasuk dalam latihan kardio yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, sehingga aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sebagai hasilnya, orang yang sering naik-turun tangga akan terhindar dari risiko penyakit jantung dan hipertensi.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Studi teranyar mengungkap bahwa kebiasaan naik-turun tangga dapat mengoptimalkan kesehatan otak. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang sering naik-turun tangga akan mengalami penuaan otak lebih lambat daripada orang yang jarang naik-turun tangga. Orang yang sering naik-turun tangga atau rutin berolahraga juga terlihat dapat terhindar dari kepikunan, serta memiliki konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik.

6. Mengurangi Risiko Stroke

Salah satu studi menyampaikan bahwa aktivitas fisik, seperti naik tangga, dapat menurunkan risiko munculnya penyakit stroke. Melalui hasil studi tersebut, diketahui bahwa orang yang membiasakan diri naik-turun tangga 3-5 kali seminggu memiliki risiko terkena stroke hingga 30% lebih rendah dibandingkan orang yang jarang berolahraga.

7. Memperkuat Otot dan Tulang

Kegiatan yang anda lakukan pada saat naik-turun tangga, otot dan tulang di seluruh tubuh ikut bergerak aktif, mulai dari otot kaki, paha, lengan, hingga punggung. Pergerakan ini membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Kepadatan tulang juga akan meningkat, sehingga mencegah risiko osteoporosis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa lansia yang rutin berolahraga (termasuk naik-turun tangga) terlihat lebih bugar dan dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan mandiri.

Banyak study membuktikan yang menunjukkan bahwa naik-turun tangga adalah olahraga yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, mari mulai biasakan naik-turun tangga untuk memperoleh berbagai manfaat tersebut.

Dari 7 Keuntungan Naik Turun Tangga Buat Kesehatan Anda tersebut diatas, pada akhirnya anda mengetahui manfaat sehat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan naik-turun tangga?

Apabila anda memungkinkan, anda boleh memulainya dari sekarang untuk beralih menggunakan tangga daripada eskalator atau lift saat berada di kantor atau pusat perbelanjaan.

Apabila anda membiasakan diri untuk naik-turun tangga, Anda otomatis dapat hidup lebih sehat tanpa harus meluangkan waktu dan mengeluarkan dana lebih ke tempat-tempat sarana kebugaran yang ada ditempat anda.
Warta.tv

Warta.Tv

Terimakasih telah berkunjung di warta.tv.

Post A Comment:

0 comments: