London (Warta.TV) - Mini Cooper sampai saat ini sangat digandrungin banyak orang. Mobil yang didesain sangat clasik dan rupawan ini kemungkinan mustahil melahirkan kendaraan berjenis supercar.

Namun The Sketch Monkey mencoba menunjukkan bahasa desain mobil asal Inggris ini menjadi mobil sport. Anda perlu ketahui bahwa Mini Cooper adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan penerusnya dari tahun 1959 sampai 2000.

Model asli dari mobil ini dianggap sebagai ikon dari Inggris pada tahun 1960-an. Mesinnya yang melintang karena berpenggerak roda depan memungkinkan 80% luasan lantai digunakan untuk penumpang dan bagasi telah berpengaruh besar pada para pembuat kendaraan.

 Pada tahun 1999 Mini terpilih sebagai mobil kedua paling berpengaruh pada abad ke-20, di belakang Ford Model T, dan diikuti oleh Citroën DS and Volkswagen Beetle.

 Mobil dengan 2 pintu ini awalnya didesain oleh Sir Alec Issigonis Mobil ini diproduksi di Pabrik Longbridge dan Cowley di Inggris, Pabrik British Motor Corporation (Australia) Victoria Park / Zetland di Sydney, Australia, dan juga diproduksi di Spanyol (Authi), Belgia, Chili, Italia (Innocenti), Malta, Portugal, Afrika Selatan, Uruguay, Venezuela dan Yugoslavia. Mini Mark I mengalami 3 perubahan total di Inggris"Mark II, Clubman dan Mark III.

Di antaraseri-seri tadi ada berbagai macam tipe bodi, di antaranya mobil estate, truk bak terbuka, van dan Mini Moke" model seperti jeep. Mini Cooper dan Cooper "S" merupakan model sporti dari mobil ini yang sukses sebagai mobil reli, berhasil memenangkan Reli Monte Carlo empat kali dari tahun 1964 sampai 1967, meskipun kemenangannya pada tahun 1966 akhirnya didiskualifikasi.

Pada awalnya Mini dijual oleh Austin dan Morris, sebagai Austin Seven dan Morris Mini Minor. Austin Seven berubah nama menjadi Austin Mini bulan Januari 1962 sampai akhirnya Mini menjadi merek sendiri pada tahun 1969.

Mini akhirnya dipasarkan lagi oleh Austin pada tahun 1980 dan pada tahun 1988 menjadi Rover Mini.[15] BMW mengakuisisi Grup Rover (dulunya British Leyland) tahun 1994, namun tetap memiliki hak untuk membuat mobil dengan merek MINI.

Salah satu ciri desain umum yang dimiliki MINI Cooper adalah lampu utama bulat yang khas. Inilah yang dipertahankan sang desainer meskipun diubah menjadi lebih lonjong mirip dengan lampu Porsche 911.

 Dikutip dari Carscoops, Selasa 13 Agustus 2019, proporsi kendaraan terlihat sangat pendek dan memiliki beberapa kemiripan dengan fasia depan Alpine A110. Selain itu, konsep mobil ini memiliki kaca samping sangat tipis, memanjang mengalir ke decklid.

Akan tetapi induk perusahaan MINI, BMW mungkin saja tidak tertarik memasuki ceruk ini sejak M1 yang legendaris dibangun. Mobil tersebut menjadi satu-satunya supercar dalam sejarah pada 1981.

Kemudian pada bulan Juni 2019, pabrikan mobil asal Jerman ini mendorong kehadiran M8 dalam susunan kendaraan sport.

Setelah dua minggu kemudian maka hadirlah konsep Vision M Next. Model tersebut sebagai mobil sport hybrid yang mampu memuntahkan tenaga kuda sampai dengan 600 hp.
Warta.tv

Warta.Tv

Terimakasih telah berkunjung di warta.tv.

Post A Comment:

0 comments: