Warta.TV – Pisang (Banana) merupakan nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

Pisang sangat mudah dibudidayakan dilokasi mana saja, tanpa harus memelihara atau merawatnya, karena pada saat di tanam dan tidak membutuhkan waktu lama untuk berkembang biak.

Pisang sangat mudah ditemukan disemua wilayah Indonesia, ada banyak jenis bentuk pisang dan nama yang berbeda-beda.

Tidak salah memang jika pisang menjadi buah favorit banyak orang. Karena, ada 7 manfaat menakjubkan dari makan pisang bagi kesehatan.

Bagi Anda yang belum suka mengonsumsi pisang, mungkin akan berubah pikiran dengan manfaat kesehatannya.

Berikut dibawah ini ada 7 manfaat yang sangat istimewa setelah anda komsumsi buah pisang seperti yang Warta.TV dilansir dari laman Situs Boldsky.  

1. Meningkatkan kesehatan ginjal

 Apakah Anda tahu bahwa makan pisang beberapa kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen? Nah ini adalah fakta yang terbukti. Pisang adalah sumber potasium yang baik, karena itu mengontrol tekanan darah dan mengatur fungsi ginjal tetap sehat.  

2. Mengurangi nyeri saat latihan

Ini adalah makanan sempurna bagi Anda yang gemar berolahraga, terutama karena kandungan mineral dan karbohidrat mudah dicerna. Hal ini membantu untuk mengurangi kram otot dan nyeri saat berolahraga.  

3. Meningkatkan sensitivitas insulin

Pisang merupakan sumber yang baik dari pati resisten, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Resistensi insulin merupakan faktor risiko utama beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2. Jadi, turin mengonsumsi pisang membuat Anda terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.  

4. Tinggi serat

Pisang mengandung tinggi serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa kandungan serat dalam pisang dapat meningkatkan kesehatan usus, mengurangi resistensi insulin, membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.  

5. Kaya nutrisi

Pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan dan serat adalah beberapa nutrisi yang ditemukan dalam buah ajaib ini. Studi menunjukkan bahwa 90 persen dari kalori dalam pisang berasal dari karbohidrat.

 6. Kontribusi menurunkan berat badan

Pisang membantu perut kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga konsumsi kalori lebih sedikit karena kandungan serat. Selain itu, kandungan serat pisang mendorong penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme.  

7. Mengandung antioksidan

 Pisang adalah buah yang mengandung tinggi antioksidan, sehingga membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan riusiko beberapa penyakit.

Misalnya, kandungan dopamin dan catechin mengurangi risiko Anda terkena penyakit janutng dan penyakit degeneratif, termasuk diabetes.
Warta.tv

Warta.Tv

Terimakasih telah berkunjung di warta.tv.

Post A Comment:

0 comments: